Sunday, February 8, 2015

Cara Menggunakan Battery Charger Secara Seri

Postingan saya kali ini akan membahas tentang cara menggunakan battery charger yang kita punya untuk mencharge atau men-ches beberapa aki yang lagi tekor.
Salah satu cara adalah dengan metode sambungan seri. Aki atau battery kita hubungan secara seri dengan alat setrum aki kita. Bagaimana caranya? Kutub positif aki pertama dihubungkan dengan sumber positif battery charger. Kutub negatif aki pertama kita hubungkan dengan kutub positif aki kedua. Kutub negatif aki ke-dua dihubungkan dengan kutub positif aki ketiga. Begitu seterusnya, hingga kutub negatif aki terakhir kita hubungkan dengan sumber negatif battery charger kita.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat skema Seri battery charger berikut ini.


Yang perlu diperhatikan dengan seksama, cieleh... yaitu besar tegangan yang digunakan. Voltase dari battery charger harus sesuai dengan jumlah aki yang kita setrum. Untuk satu aki, besar tegangan berkisar 13,5 Volt sampai dengan 15 Volt. Sehingga kalau kita ingin men-charge 2 aki, kita membutuhkan tegangan sebesar 2 x 13,5 = 27 volt, demikian seterusnya.
Demikian postingan sederhana tentang cara men-setrum aki secara seri. Ada baiknya juga dibaca artikel tentang Cara menggunakan Paralel Battery Charger.
Semoga bermanfaat.

9 comments:

  1. Berarti kalau chargernya 12 volt gak bisa pake metode seri ya om. Atau cuman bisa metode pararel. Mohon pencerahan takut salah

    ReplyDelete
  2. Kalo 1 aki bisa tidak menggunakan 2 charger? Mohon bantuannya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika aki mempunyai tegangan 12volt kemudian discharge dengan 2buah charger masing2 12volt, maka charger harus diparalel. tapi SEBAIKNYA pakai 1 charger saja.
      semoga bermanfaat.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Bung Fairuz, saya mo minta pencerahan.
    Saya punya charger merk Rayden 10A dengan adjustable tegangan 6v dan 12v.
    Charger tidak bisa untuk charging seri.

    Pertanyaan:
    1.Mohon info komponen apa yg perlu diganti dan berapa ukuran masing2 komponennya supaya bisa chargingseri.
    2. Setelah dimodifikasi berapa aki yang direkomendasikan untuk dicharging seri dengan menggunakan modifikasi tersebut.
    3. Apakah perlu switch atau alat adjustable baru mengingat bawaannya hanya 6v dan 12v saja.

    Mohon tanggapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah lewat WA ya Pak. :D terimakasih sudah mampir

      Delete
  6. mau nanya mas. klo sy mau ngecas 3. mis sy sdng cas 2 aki posisi seri ber arti 24v, terus sy mo tambah jd 3 aki total 36v yg jd pertanyaa. keadaan sdng on 2 aki pas mau nambah yg ke3 apakah lstriknya hrs dimatiin dulu terus dipasang seri jd 3 atau lngs tambah seri 3 lalu rbh saklar 36 volt atau rbh vol dulu baru tambah aki.

    ReplyDelete

Free xml sitemap generator