Monday, March 16, 2015

Cara Men Jumper Aki Mobil Double menurut Fatih Battery Toko Aki Purwodadi

Salam buat saudaraku semua. Mungkin anda pernah mengalami mobil anda tiba-tiba macet karena aki drop? Kemudian tiba-tiba ada malaikat penolong datang memberikan bantuan untuk men jumper aki agan dengan aki mobil miliknya. Ceile mantap bener! Bagaimana cara men jumper nya?
Tulisan kali ini adalah lanjutan dari tulisan pertama Cara Menjumper Aki Kendaraan yang sudah Fatih Battery Toko Aki Purwodadi sampaikan sebelumnya.
Jika sebelumnya aki yang digunakan mobil hanya satu buah. Sekarang, bagaimana cara men jumper aki mobil yang menggunakan double aki. Misalnya truck engkel (truk kecil) yang biasanya menggunakan 2 buah aki 55 Ah, atau bisa juga di atasnya.
Sebagai jawabannya,
Berikut ini adalah skema cara men jumper aki double kendaraan anda yang drop.

Penjelasan :
Kendaraan menggunakan 2 aki seperti gambar di atas, berarti kelistrikannya menggunakan tegangan 24 Volt. (Nah, masalah kendaraan seperti ini, Fatih Dokter Aki harus berguru kepada ahlinya deh).
Secara sederhana, aki dipasang secara seri, artinya 12 Volt + 12 Volt = 24 Volt. Jika kedua aki dipasang secara paralel, besar tegangannya tetap 12 Volt, hanya besar arus listrik nya yang bertambah.

Nah, dengan dasar sederhana tersebut, maka ketika kita ingin men jumper aki mobil double, dapat dilakukan seperti diagram di atas. Penambahan aki bantuan tidak akan merubah besar tegangan yang dihasilkan.

Demikian tadi penjelasan dari Fatih Battery Toko Aki Purwodadi semoga bermanfaat.
Wassalam

27 comments:

  1. Gan.. Ini yang saya cari.. mohon pencerahannya,, saya punya UPS dngn kapasitas tertulis 1400Va/720W.. Baterai bawaannya 2x12V/7.5Ah seri(24v/7.5Ah).. Saya berencana mau nambahin AKI supaya minimal bisa backup 3jam setiap PLN padam ditambah 1 charger eksternal,, AKI tambahan rencananya 12V/50Ah x2buah atau 12V/100Ah x1buah.. yang jadi pertanyaan saya, itu kan bawaan nya seri apakah bisa saya ganti saja aki nya 12v/100Ah x1buah atau dgn 50Ahx2buah paralel, karena yg saya butuhin kan kapasitas arus dan dmn penempatan charger eksternalnya??.. Dan kalo misalkan saya tetap ikuti rangkaian bawaan, ditambah dengan aki tambahan dgn sistem jumper yg ada pda postingan ini, dimana penempatan output charger eksternal nya??.. mohon pencerahannya gan.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah mempraktekkan gan.
      hanya saja, jika spt yg agan ceritakan, sebaiknya charger ext dipakai utk charge aki tambahan.
      dan kondisi aki jangan disambungkan dengan aki ups.
      baru setelah ketika pln mati, 2 aki ext (yang disambung secara seri) tadi bisa disambungkan dengan aki ups secara parallel.
      karena tegangan yg digunakan ups adalah 24 volt.
      semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Mw tanya gan...
    Klw cara ny jumper dobel aki dr sama" truk gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maw tanya gan kalo truk rino yang pakek aki 1 besar cara jumpernya gmn ya ditunggu pencerahanya.

      Delete
  3. Mw tanya gan...
    Klw cara ny jumper dobel aki dr sama" truk gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. ujung dapet ujung gan. positif dapet positif. negative dapet negative.

      Delete
  4. Bos mau tanya...saya punya sepeda listrik yg aku y 4 buah d pasang secara seri,12v,15Ah....rencana saya mau tambahin aki satu lagi yg kapasitas y 12v,24Ah.
    Bisa ga d pasang secara jumper.

    ReplyDelete
  5. Mas mau nanya,bisa ga, 2 buah aki basah 12v5Ah seri di jamper pake aki kering 12v7,5Ah,klw bisa brapa ampere arus yg di hasilkan,matur nuwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, sy blm paham dg yg Agan maksud.
      arus yang dihasilkan darimana maksudnya?
      terimakasih

      Delete
  6. Mau nanya mas ni q punya truk tua masih pakai pemanas...q mau pasang audio tapi takut tekor gimana kalo dikasih aki 1 lagi cuma khusus audio ..pertanyaan nya butuh 2 dinamo pengisian apa satu aja cukup bang..terus gimana caranya?????heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting pengisian dari dynamo amperenya tetap 13,6 volt ketika ditambahi audio. dua aki jk pengisian di bawah angka tadi, tetap akan tekor.

      Delete
  7. Bos cara ngambil arus 12v dr aki 24v gimana buat pasang tape single din

    ReplyDelete
    Replies
    1. teorinya dibagi menggunakan resistor yang dihubungkan secara seri dengan tape.

      Delete
  8. Mau tanya gan klo maw jumper aki dyna rino yang aki dimobilnya cma 1 tpi besar gmn caranya ya trus jumpernya pakek aki ukuran berapa.. ditunggu mkasih

    ReplyDelete
  9. cara jumper menghubungkan pole + dengan +, dan pole - dengan -. usahakan sama dengan ukuran aki bawaan nya, lebih besar jg tdk mengapa.

    ReplyDelete
  10. Bagaimana caranya seri serta paralel 4 aki 12volt 5ah, menjadi 24volt 10ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara menjadikan 4 aki 12 volt 5Ah menjadi 24 Volt 10 Ah adalah dengan merangkai SERI masing-masing 2 aki, kemudian mem PARALEL kan aki seri tersebut.
      Terimakasih sdh berkunjung. semoga bermanfaat.

      Delete
  11. Mas saya mau tanya.
    Saya mau mrnggunakan aki cadangannpada truck saya. Bertujuan untuk suply arus pada sound sistem d truck.
    Bagai mana carany agar aki cadangan bisa d cas melalui aki utama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aki cadangan dihubungkan secara pararel dengan aki Utama. Jika aki Utama ada dua, maka aki cadangan diparalel dengan salah satu aki Utama. semoga bermanfaat

      Delete
  12. Mas kalo aki 12v/200ah saya seri dapatx 24 tp aki saya tekor satu jadi ngga bisa hidupkan genset tapi saya ada satu aki utk bekapx proses pemasanganx gmana tanpa melepas yg tekor td dan teganganx tetap 24v

    ReplyDelete
    Replies
    1. aki bekapan nya diparalel dengan aki yg tekor Pak

      Delete
    2. Asalamualaikum
      Mas mobil engkel kan aki y 2buah. Posisinya tekor.
      Mau saya jumper pake aki ukuran 24v. Bisa gk. Trs caranya gmna trimakasih?

      Delete
  13. sangat bermanfaat sekali mas makasih.
    🙏mas kalau untuk ganti aki mobil yang pake eccu bsa langsung pasang apakah harus pake jumperan dulu?🙏🙏🙏 masih pemula mau belajar buka jasa cas aki☺

    ReplyDelete
  14. Sangat bermanfaat mas, tapi yg mau saya tanyakan, posisi aku cadangannya harus disitu kah, kalau di posisikan di sebelahnya gimana ya mas?

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum,maaf mas mau tanya sy punya 3 aki 60A 12V dengan rangkaian campuran seri paralel,apakah bisa langsung di cas tanpa melepas rangkaian tersebut

    ReplyDelete

Free xml sitemap generator