Sunday, February 8, 2015

Cara Menggunakan Paralel Battery Charger menurut Fatih Battery Toko Aki Purwodadi

Sebagai kelanjutan dari postingan Fatih Battery Toko Aki Purwodadi sebelumnya, yaitu cara menggunakan battery charger secara seri, kali ini Fatih Battery Toko Aki Purwodadi ingin berbagi sedikit pengetahuan yang saya miliki tentang cara menggunakan Battery Charger Secara Paralel.
Cara menggunakan Battery Charger Secara Paralel adalah sebagai berikut.
Kutub positif aki pertama dihubungkan dengan kutub positif aki ke-dua, dan juga kutub positif aki ke-tiga. Sedangkan kutub negatif aki pertama dihubungkan dengan kutub negatif aki kedua dan aki ketiga, demikian seterusnya sehingga jumlah aki yang akan kita setrum. Kemudian kutub positif aki pertama kita hubungkan dengan sumber positif dari battery charger, demikian juga kutub negatif aki pertama kita hubungkan dengan sumber negatif battery charger.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar menggunakan paralel battery charger berikut ini.


Yang perlu kita perhatikan di sini adalah besar arus yang dikeluarkan oleh alat setrum aki kita. Arus yang keluar dari battery charger harus sesuai dengan besar battery yang kita charge.  Biasanya pada aki sudah tercantum besar arus dalam satu jam yang dapat dihasilkan aki tersebut, misalnya, aki motor tertulis 5 Ah, ini berarti aki tersebut menghasilkan arus 5 ampere dalam 1 jam. Sehingga jika kita ingin men-charge aki tersebut dibutuhkan arus dari battery charger sebesar 0,1 x 5 = 0,5 ampere. Dan pengecesan dilakukan selama 10 jam.
Hal ini berlaku kelipatan dari jumlah aki yang akan kita charge. Untuk mencharge 3 aki masing-masing 5 Ah, maka dibutuhkan arus dari battery charger sebesar 1,5 ampere.
Dan yang sangat perlu diperhatikan, hindari men-charge aki motor dengan aki mobil secara bersamaan. Karena meskipun secara teori tidak bermasalah, tetapi sebagai langkah berjaga-jaga, lebih baik kita hindari.
Oke demikian cara menggunakan parallel Battery menurut Fatih Battery Toko Aki Purwodadi, semoga bermanfaat.

Berikut video tutorialnya.


9 comments:

  1. Om... Kalo pararel kabel (+) charger di aki pertama trus kabel (-) di aki terakhir apakh bisa atau Boleh. Thx

    ReplyDelete
  2. kedua cara tersebut boleh gan, dan bisa dilihat perbedaan hasilnya.

    ReplyDelete
  3. Gan bisa ga batre charger 2 biji digabung untuk keperluan 1 rangkauan

    ReplyDelete
  4. Gan klau gue serikan batree 1860 yg untuk powerbank menjadi 12 volt.lalu untuk mencargernya saya menggunakan carger brpa volt ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena tegangan battery menjadi 12 volt, maka ngecharge nya jg pakai 12 volt

      Delete

Free xml sitemap generator