Wednesday, October 7, 2015

Tips Fatih Battery Toko Aki Purwodadi Memilih Cas Aki dengan Paralel atau Seri?



Beberapa waktu ini muncul pertanyaan dari Sahabat Fatih Battery Toko Aki Purwodadi tentang penggunaan Battery Charger atau Cas Aki. Mereka bertanya bagaimana cara menggunakan Parallel Battery Charger? Juga bertanya bagaimana cara menggunakan Serial Battery Charger? Selain itu juga bertanya sebaiknya menggunakan cas aki parallel atau seri? Pada tulisan kali ini, Fatih Battery Toko Aki Purwodadi ingin mengulas tentang tips memilih cas aki dengan parallel atau seri?
Untuk menentukan pilihan menggunakan Parallel Battery Charger atau Serial Battery Charger, maka kita perlu mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing jenis battery charger. Oke langsung saja kita bahas.

Contoh Battery Charger Otomatis


Kelebihan dan kelemahan Cas Aki Seri adalah sebagai berikut. Kelebihan Cas Aki Seri adalah hanya membutuhkan cas aki dengan kapasitas relatif kecil, cukup dengan kapasitas 10 ampere atau 15 ampere. Kita cukup menggunakan kabel jumper dengan ukuran kecil, karena arus listrik yang mengalir kecil. Kesemuanya tersebut membutuhkan biaya yang relatif murah. Adapun kelemahan cas aki seri adalah, semakin banyak aki yang kita cas, maka kita membutuhkan tegangan yang semakin tinggi. Ambil contoh, kita menge-cas masing-masing dengan 14 volt. Maka untuk men-cas 10 aki kita menggunakan 14 x 10 = 140 volt. Dengan tegangan 140 volt, cukup membuat kita terpental jika tidak hati-hati. Dan jika kita tidak hati-hati dalam menentukan tegangan dan jumlah aki, maka sangat berbahaya bagi aki karena dapat menjadikan aki meledak.
Kelebihan dan kelemahan Cas Aki Paralel. Kelebihan cas aki parallel adalah kita hanya bermain di tegangan rendah, sekitar 14 volt, yang tidak membahayakan diri kita dan tidak membahayakan bagi aki. Adapun kelemahan cas aki parallel adalah kita membutuhkan cas aki dengan kapasitas besar. Contohnya jika kita men-cas setiap aki dengan 5 ampere, maka untuk men-cas 10 aki kita membutuhkan cas aki dengan kapasitas 50 ampere. Cas aki 50 ampere harganya mahal dan dibutuhkan kabel dengan ukuran besar untuk menghubungkan setiap aki. Selain itu, jika cas aki 50 ampere digunakan hanya untuk 1 aki, tidak baik untuk aki. Hal ini bisa diatasi dengan Automatic Battery Charger yang juga sudah dibahas.
Nah, demikian tadi uraian cara memilih cas aki dengan parallel atau seri. Semua tergantung pada Sahabat Fatih Battery Toko Aki Purwodadi. Semoga bermanfaat dan Selamat memilih!

Berikut adalah video Cas Aki menggunakan hubungan Paralel.


113 comments:

  1. Mau tanya saya punya aki 2 buah, 6 volt 4,5A kalau saya seri kedua aki tersebut dan di cas pakai cas yg dapet dri aki pertama ukurannya 6 volt 4,5A apakah bisa terisi penuh? Atau yg yg mana yg lebih baik mdengan charger tersebut diseri atau diparalel??

    ReplyDelete
    Replies
    1. +dede sutisna sebaiknya diparalel. kalau diseri tegangan aki menjadi 12 volt, sementara tegangan output charger nya hanya 6 volt.

      Delete
  2. Kalo kita mo charge aki 2 unit, masing2 ukuran 12 volt/100 ah... Sementara charger nya 10 ampere... Lebih baik sistem seri atau paralel dan waktunya brp lama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan asumsi charger 10 ampere (12 volt) maka hanya bisa menggunakan sistem paralel, tetapi membutuhkan waktu sangat lama.

      untuk sistem seri dibutuhkan tegangan 24 volt

      Delete
  3. Om fairuz saya punya battery (aki kering) 12v 7,2ah 2 buah dan rencana mau cas secara paralel dan adaptor yg saya gunakan 12v 2A dan relay+modul otomatis cut. Apa bisa tidak merusak battery? Karena di paralel rencana untuk lampu emergency led stip di sekeliling kamar (takut gelap om)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf baru balas mas ivan. kalau gambaran nya spt itu, 2buah aki @7,2 ah diparalel, kmdn dicharge dng 12 volt 2ah, maka itu tidak mengapa. hanya saja proses charge nya akan amat lama sekali.
      7,2 x 2 = 14,4 ah, hanya dicharge dengan 2 ah, lama sekali penuhnya.
      sebaiknya dibelikan adaptor 10ampere saja.
      smg bermanfaat.

      Delete
  4. mau nanya gan, saya punya UPS 1200Va dgn 2bh aki 12V 7Ah yg dipasang seri,, kira2 bermasalah tidak jika ditambah pengecas aki luar (digabung) yg inputnya diambil dr UPS itulah krn beban yg dipakai UPS cuma 125 watt, terima kasih

    ReplyDelete
  5. Maaf gan...saya punya 2 buah aki 45Ah dan 65 Ah,saya mau cas pararel dengan trafo 10Amp.apakah aman jika tegangan output 15Volt????

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegangan yang disarankan 13,8 volt.
      dengan tegangan 15 volt terlalu tinggi. bahaya untuk akinya. meskipun masih diambang batas MAKSIMAL. sebaiknya dihindari.
      semoga bermanfaat.

      Delete
  6. Salam sejahtera buat Agan...
    Gan saya punya charger aki 30Amp,,kuat gak utk ngecas aki 100amp atau kalau langsung ngecas 2 aki 100amp langsung bgaimana kuat gak,,mohon saran nya gan..terima kasih sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. charger 30amp untuk ngecharge aki 100ah, tetap kuat gan, standarnya adalah 1/10 dari ukuran aki. jadi untuk aki 100ah dibutuhkan arus 10amper.
      namun pada prakteknya akan memakan waktu yg cukup lama apalagi kalau kondisi aki sdh cukup berumur (sekitar 2 tahun pemakaian).
      semoga bermanfaat.

      Delete
  7. mas saya punya aki 120 ampere yg masih baru trus saya cas paralel sama aki 80 ampere yg udah lemah dengan charger 40amper kira2 apa yb bisa terjadi dalam kondisi ini dan berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk mengisi penub kedua aki ini

    ReplyDelete
  8. mas saya punya aki 120 ampere yg masih baru trus saya cas paralel sama aki 80 ampere yg udah lemah dengan charger 40amper kira2 apa yb bisa terjadi dalam kondisi ini dan berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk mengisi penub kedua aki ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aki yg baru (120ah) akan ikut mengisi / men-cas aki yg lemah (80ah). klo berapa lama, tergantung kondisi aki yang lemah tsb. krn kondisi masa jenis air aki juga mempengaruhi waktu pengecasan. klo air aki 80ah nya normal maka, secara teori hanya membutuhkan waktu sktr 2 jam saja utk penuh. semoga bermanfaat.

      Delete
  9. Saya punya aki motor bebek 12v 4amper. Saya mau ngecas pake aki juga, yaitu aki motor nmax 12v 6amper. Bisa gak pak. Trus kalo bisa sebaiknya saya pake cara seri atau paralel? Terimakasih Bapak yang baik hati... Semoga Allah SWT membalas kebaikan Bapak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. :D
      secara teori bisa pak... dirangkai parallel.
      kutub positif (+) dihubungkan dengan (+), demikian sebaliknya...
      semoga bermanfaat

      Delete
    2. tambahan :
      dengan syarat, tegangan aki nmax lebih tinggi dari aki bebek.
      agar listri bisa mengalir.

      Delete
  10. Om mo tanya, saya punya Aki motor 12V 5,3A, sedangkan charger 12V 6A, mengingat Ampere charger lebih tinggi dr Ampere aki motor tsb, bahaya atau tidak klo digunain ngecas aki motor tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, jika charger sudah menggunakan system otomatis, dia akan menyesuaikan dengan kebutuhan aki.
      jika tidak otomatis akan mengakibatkan overload arus, yg semestinya hanya 1/10 dari 5,3A yaitu 0,53A.
      tetapi jika keadaan terpaksa, sesekali, tidak megapalah :D (bercanda)
      semoga bermanfaat.

      Delete
  11. Ikut nimbrung ah....
    Barang x blog msh aktif
    Sy mau nanya ne...
    Rencana sy mau menkombinasikan 18pcs batre 18650
    Prtma 3 batre sy rangkai secara seri utk mndptkn +/- 12v
    Kmudian batre yg laen sy rangkai serupa shg ada 6 rangkain seri 12v
    Nah...stlh itu ke 6 rangkaian sy hubungan scra paralel utk mndptkan kapasitas batre yg bsr(A)

    Prtnyaan sy apakah bs di cas mengunakan charger 12v & amp.nya >2,5A
    Kapsitas batre /pcs 2500mah

    Mohon pncerahanya

    Tlg jwb k email sy ya
    Syaiful.umam710@gmail.cm

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara Teori bisa gan.
      besar tegangan charger nya juga bisa masuk. hanya arus nya yg terlalu kecil dibandingkan arus battery nya, efeknya akan terlalu lama waktu pengisiannya.
      tp secara teori hal itu bisa dilakukan.
      semoga bermanfaat.
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
    2. Ikut nimbrung ah..gan saya mau tanya punya aki 2 masing-masing 12v/35amp mau beli charger nya kira kira betapa amp yg harus saya beli

      Delete
    3. klo sesuai aturan 1/10 dari kapasitas, artinya pakainya 3,5 amper sdh cukup. tapi prakteknya mesti lebih besar, missal 10 ampere

      Delete
  12. mohon infonya mas..saya punya 2 aki (12v 10Ah)dan charger 12volt,apakah bisa ngecharger 2 sekaligus dan bagaimana rangkaiannya..?

    ReplyDelete
  13. mohon infonya mas..saya punya 2 aki (12v 10Ah)dan charger 12volt,apakah bisa ngecharger 2 sekaligus dan bagaimana rangkaiannya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bias Pak. dengan model rangkaian parallel. kutub positif dihubungkan dengan positif. kutub negative dihubungkan dengan negative.
      demikian Pak. semoga bermanfaat.

      Delete
  14. Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF", Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Bangsa Indonesia

    www.automacindo.com

    ReplyDelete
  15. Nanya mas, UPS ku kalo listrik mati skrg dah gak kuat angkat, jangankan komputer, modem aja koit...,
    Mungkinkah akinya udah soak..??
    Nha saya punya aki mobil 1u, 12v 45ah, setelah saya buka UPS nya, ternyata ada 2 aki @12v & @7,6ah, yg dipasang seri.
    Karena seri berarti jd 24v, Nah apa saya bisa ganti salah satu aki UPS ku.?? Berarti saya gabung nih 45ah + 7,6ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi sudah soak, sehingga tidak mampu menyimpan muatan listrik Pak. utk digabungkan, secara teori sangat bias Pak. tetapi aki yang 7,6Ah jg harus masih baik, sehingga bisa mengalirkan arus listrik.

      Delete
  16. Assalsmualaikum pak fairuz.
    Sy mau charge 6 buah accu yg masing2 accu 12v dan 5 ampere. Sy pakai charge 12v dgn arus optional dr 1A sampai 10A. Mohon pencerahan nya agar sy bisa menghemat waktu tp tdk beresiko, baiknya sy paralel atau seri? berapa lama dan bagaimama cara merangkainya? Trmksh pak fairuz. Barrakallahufik wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'alaikumsalam.
      karena tegangan nya 12 volt maka jika ingin discharge bareng, hanya bisa dengan sambungan parallel. sementara utk arus bisa dipilih 10 ampere. semoga bermanfaat.
      waiyakum.

      Delete
  17. Mau nanya mas fairus, sy sedang pasang panel surya menggunakan aki 100A 4 bh (paralel), nah sy ada aki lain 2 buah dengan ukuran 32A, jika saya paralelkan juga dengan yg 100A 4bh itu, apakah pengecasannya bisa optimal semua, soalnya sy pernah baca kalau cas aki paralel beda ampere menggunakan charger otomatis, maka aki dengan ampere rendah yg penuh duluan dan akan lsg cut pebgecasan sehingga aki dgn ampere lebih tibggi tidak terisi penuh, benarkah teori ini mas fairus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar pak Ewa.
      "aki dengan ampere rendah yg penuh duluan".
      tapi berdasar pengalaman, aki besar tetap akan di-charge.
      makasih. smg bermanfaat.

      Delete
  18. Bos mau nanyak nih.... Bisa ngak ya 2 UPS kita Cas 1 aki motor 12 volt secara bersamaan..? bisa berbahaya ngak ya..

    ReplyDelete
  19. Pak Fairuz Zahir, mau nanya karena saya tidak tau sama sekali, saya punya aki kering 12v 7,2AH dan saya beli charger aki 12 V 6 A, yang mau saya tanyakan berapa lama saya charge aki saya itu sampai penuh ? terimakasih sebelumnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Adrianus Yanuar, secara teori ukuran aki 7,2 Ah itu hanya membutuhkan 0,72 A selama 10 jam pengisian. Namun karena charger aki nya 6 A, maka waktu pengisian bisahanya dalam bbrp menit saja. Semoga bermanfaat.

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Bang saya punya aki 60.. Apa bisa menggunakan cas lebtob output 19 v 3,39 A+ cas aki motor output 12 v 1,5 A di pasang sekaligus... Maaf masih belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu berat gan. mending buat charger mobil sederhana saja. http://dokteraccu.blogspot.co.id/2015/02/membuat-battery-charger-sederhana.html

      Delete
  22. bang saya punya aki 35 Ah bolehkah dipararel dengan aki 60Ah?
    apakah ada pengaruhnya saat dichaeger dengan 20A..
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bang. saat discharge, charger akan mengisi yang paling kosong dulu.

      Delete
  23. Om, sy mau tanya, sy punya 2 aki, 4ah dgn 65ah masing2 beda umur, klo sy bikin paralel utk pemakaian sekaligus di charger kira2 dampak negatifny ap y om?? Trmksh sblmny

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4Ah atao 40Ah? krn klo terlalu jauh perbedaannya bisa2 aki kecilnya rusak. Pada intinya charger akan mengisi yg kecil dulu, atau yang paling terisi atau yg paling kecil hambatannya. semoga bermanfaat.

      Delete
  24. Pak sy Punya aki, Tegangan Aki 6 Volt
    Kapasitas Aki 7 Ampere Hour sebagaiknya charger yg bagaimana sy gunakan ? aki untuk mobil aki mainan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja Pak, charger seri atau pun charger parallel. yg paling penitng adalah tegangan nya disesuaikan dg battery nya. krn itu 6volt maka pakai charger yg 6 volt.

      Delete
    2. Kira" butuh berapa lama pengecasan om ..

      Delete
    3. bergantung kapasitas chargernya Pak.
      secara mudahnya klo charger nya 7 ampere, maka hanya bth kisaran 1 jam saja.
      klo pakai charg 14 A, mk butuh 1/2 jam.
      dst.
      smg bermanfaat

      Delete
  25. saya mau tanya ke agan, saya ada masalah di aki truck 24v. biasanya kan menggunakan tipe basah. kali ini aki menggunakan tipe MF, dan ternyata 1-2 bulan aki yang negatif selalu drop duluan. apakah ada perbedaan karakter aki mf jika dipakai untuk rangkaian seri (24v)?? mohon penjelasan suhu disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mestinya tidak ada perbedaan Pak Jeje .

      ada bbrp kemungkinan; masalah di pelistrikan, ato malah mungkin cacat produk akinya. sy pun pernah mengalami pake merk G* Astra, br tiga bulan sdh drop.

      Delete
  26. untuk system kelistrikan normal, pengisian 28.3v dan stabil. saya pikir kalau masalah di cacat produk, harusnya tidak terjadi di aki negatif saja.bisa jadi kerusakan ada di aki yg berhubungan langsung dengan kbel positifnya. ada 15 percobaan menggunakan aki mf secara seri, sudah ditemukan 7 masalah yang sama. adakah referensi yang bisa digunakan untuk memecahkan problem ini gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sy blm menemukan referensi untuk masalah yang Bapak alami. Sy hanya berdasar pada pengalaman saja sejak 2005. Sekali lagi mohon maaf, semoga lekas mendapatkan jalan keluar.

      Delete
  27. salam sejahtera bung fairuz..
    saya punya beberapa senter cas 6 volt.. yg batere nya udah rusak..
    apa bisa charger senter yg 6 volt ini di modif menjadi charger aki 12 volt.. klo bisa.. apa yg hrs di ganti..
    saya udah search kmana mana.. blum dapat jawabanya..
    mohon bantuannya..
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara nyata, sy belum pernah mencobanya Pak. Namun secara teori, dua charger senter 6 volt jika dihubungkan secara seri akan menhasilkan catu daya 12 volt. Bisa dicoba.
      Tapi saya lebih menyarankan beli charger yang 12 volt saja Pak.
      Terimakasih, semoga bermanfaat.

      Delete
  28. Om... bisakah ups 600va memakai aki 6v 11ah, maksudnya agar aki tersebut tercas full kebali

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah mencoba gan. lebih pakai tegangan sesuai bawaan. setahu saya 12 Volt. utk ampere bebas bearapa Ah.

      Delete
  29. Gan mau tanya
    Saya punya aki 12 v 22 ah sebanyak 7 buah saya sambung seri
    Apakah BIsa di cas mengunakan cas 72v 20 ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. voltase utk charger adalah 13,8 volt. jika dikalikan 7 buah, maka butuh sekitar 96 volt. kalo hanya 72 volt dibagi 7 aki, nanati hanya dapat 9 an volt, dan itu tidak memungkinkan. Demikian. smg bermanfaat.

      Delete
  30. assalamualaikum.
    apakah akibatnya jika aki 12 volt 40ah. di charge dengan 4.4volt charge smartphone. atau voltase yang lebih rendah lagi.
    bahaya atau aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'alaikumsalam Pak Maulana. secara teori kita harus mencharge dengan voltase yg lebih tinggi daripada voltase (tegangan) pada aki. Misalnya aki 12 volt, maka kita charge dengan voltase 13-14 volt. Demikian semoga bermanfaat.

      Delete
  31. malam agan salam sejahtera sentosa,sy punya accu basah 12V sama accu kering 12v 6AH bisa ndak di pararel/seri dg menggunakan smart fast charger 12V 5ampere mohon pencerahannya...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam Agan Setiyawan. InsyaaAllah bisa dengan system parallel gan. Semoga bermanfaat

      Delete
  32. gan mau tanya, saya punya 2 aki kapasitas 12V 3,5Ah.. Dan saya ada power supply 24V 4,1A.. apakah itu bisa dibuat chager aki? untuk chagernya dalam posisi seri atau pararel? Jika tidak bisa solusi seperti apa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa pakai sambungan Seri Gan. semoga sukses!

      Delete
    2. baca artikel agan, kalo kapasitas ampere pada charger jangan sampai lebih besar dari output Ah aki? itu ga bermasalah gan?

      Delete
    3. insyaaAllah tidak mengapa, standarnya memang 1/10 dari Ah aki. Yang berbahaya itu jika tegangan (voltase) terlalu besar, bias langsung meledak.
      semoga bermanfaat

      Delete
  33. Om saya punya aku 200A 2 unit, dan saya punya charge 12/24v. Dicharge batrry max 200ah dan min 30ah . Jadi langkah untuk mengecas saya serikan apa pararelkan om. Dan di tegagan 12 apa 24v yang saya gunakan. Terimakasih, #charge baru soalnya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas.
      dg spek itu bisa dua2nya dipakai, parallel maupun seri.
      parallel : pakai tegangan 12 V.
      seri : pakai tegangan 12 V.

      semoga berguna.

      Delete
  34. Tanya Gan maklim pemula , KLo ngecas battery yg 4 biji secara seri dari batery 1 (-)ke batery 2 ke(+) dst. apa tidak kortsliet karena minus ke plus disambung mohon pencerahan tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak Pak.
      utk lbh jelasnya bisa dilihat artikelnya http://dokteraccu.blogspot.com/2015/02/cara-menggunakan-battery-charger-secara.html
      terimakasih kunjungan nya.

      Delete
  35. Klu ngcas pake 12v itu brapa lama yah om

    ReplyDelete
  36. Selamat siang, mau bertanya merk charge aki seri yg penyearahx sudah gelombang penuh apa ya

    ReplyDelete
  37. Pagi gan,, sebelum ngecas aki harus di ukur dulu foltasenya ya? Sori pemula

    ReplyDelete
  38. Malam gan
    Saya mw tanya ne saya punya aki kering 6V 7Ah terus dicas menggunakan casan 6V 5A.itu kira-kira butuh berapa jam ya pengisiannya sampai full??

    ReplyDelete
  39. 7 Ah, artinya keluaran nya 7 Ampere hour.
    secara gampangnya, ini bias diartikan utk memenuhi arusnya full lagi, sekitar 1,5jam.
    semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  40. Mau tanya pak, saya punya aki mainan mobil anak2 6v 7,2ah...apabila saya cas di 6v jarum di layar cas hanya 1/4, apabila sy menggunakan 12v jarumnya over sampai batas warna merah...pertany per saya amankah saya menggunakan 12v dengan ngecas 4 aki sekaligus sedangkan jarumnya menunjukan warna merah...kalau 6v jarumx hanya 1/4...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus melihat spek dari charger nya.
      jika men cas aki 6 volt menggunakan cas 12 volt, bias meledak akinya.

      Delete
  41. mau tanya pak.. apakah bisa aki 12v7.2ah dicas pakai casan 12v12ah? mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  42. allo pak... saya punya dua mesin walet dengan masing2 1 charger otomatis.. kalau saya gandeng cas dalam 1 aki 120A.. aman kah pak? mohon pencerahan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara teori bisa…. tapi sy sarankan utk TIDAK mencobanya, sy khawatir tidak aman…

      Delete
  43. assalamualaikum, mas saya ada charger aki 12v, 2A. mau mengcharger aki 6v, nah kan itu tegangan nya 2x lipat dari tegangan aki.dan kemungkinan bisa meledak juga aki nya. nah bagaimana kalau misalnya tegangan dari charger diturunin pake resistor, atau pake modul dc-dc step down, apakah aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'alaikumsalam.. secara teori itu bisa dilakukan… tp sy blm pernah mencoba… lebih baik dipakai utk 2aki.. cari 1 aki bekas utk dihubungkan secara SERI dg aki yg bagus.. semoga bermanfaat mas..

      Delete
  44. bang saya pemula dan saya mau usaha cas atau setrum aki (toko aki). apa aja alat yang harus saya beli. listrik saya 3500w dan battery charger apa yang harus saya miliki supaya mencukupi apabila mengecas aki dalam jumlah banyak. terima kasih

    ReplyDelete
  45. Mau tanya dong kalo misal nya ngecas aki 3 tapi kan charger nya cuma sampe 24 volt sedangkan harus nya jadi 36 volt itu gmna caranya yah di 24 volt gapapa,?

    ReplyDelete
  46. Pak mau nanya saya punya aki 20ah vrla saya buat sanyo. Kata temen saya kalau aki. Vrla tidak Boleh lebih dari 50% pemakaian energinya karena kalau kehabisan bisa Rusak. Nah yang saya tanyakan 50 % itu jika di ukur pake. Avometer teganganya menunjukan berapa volt ya? Ketika aki tersambung beban maupun Tidak Tersambung beban. Makasih...

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum, mas. Amankah aki 12v 6 ah, dicas dg changer 12v 5 ah??trimksh

    ReplyDelete
  48. apakah aki 12v 40ah dan 12v 100 ah bisa di paralel?saya gunakan untuk backup panel surya

    ReplyDelete
  49. Salam pak.
    Saya punya aki 12v 200Ah 7pcs. Dan punya chargernya untuk sistem 12v juga dengan arus 120A. saya cas dengan sistem paralel menyesuaikan sistem tegangan nya. pertanyaan saya : jika aki dipasang 2 group yaitu 4pcs dan 3pcs dengan panjang kabel 5mtr dan 10mtr dari charger. Aki mana yang cepat penuh? berapa tegangan dan arus nya di masing masing group atau masing masing baterai? jika dengan asumsi ukuran kabel dan tegangan baterai yang sama waktu pengecasan. mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut teori : 1. grup dengan jumlah aki sedikit akan lbh cepat penuh, dan setiap aki akan penuh secara Bersama pada setiap grup.
      2. karena parallel, maka akan sama tegangan nya. sementara kuat arus nya sebesar arus charger dibagi jumlah aki.
      prakteknya : tdk seperti itu. sangat bergantung thdp kondisi aki.

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Mau tanya nih kaka..saya punya aki 6v 4,5a..mau di charger pake charger 12v 6a..kira2 bisa apa engga?atau bahaya ga kaka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bias balas krn lama ndak buka blog. Aki 6 V tidak bias discharge dg charger 12 V. Akan berakibat fatal. Bisa meledak karena over voltage.
      terima kasih sdh berkenan hadir.

      Delete
  52. gan, saya punya 2bh aki basah 12volt 100Ah, kalau saya paralel butuh charger yg berapa ampre?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengecasan standar adalah 1/10 dari kapasitas aki. maka jika 2 buah aki 100 Ah, dibutuhkan charger 20 ampere.

      Delete
  53. Mohon petunjuk pak
    Aki 55ah dan 100ah saya paralel
    Apakah alternator standard avanza mampu untuk charg?

    Brp ampere yg saya dapat?
    Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tergantung pemakaian nya juga Pak.
      klo keluarnya banyak, maka masukan dari alternator jg harus diperbesar, agar seimbang.
      klo bisa diperbesar, akan lebih baik.

      Delete
  54. Selamat sore bang...
    Saya Hasrul dari Kepri.
    Saya punya changer aki 15ah dg daya voltase 6v,12,18 dan 24.
    Saya mau mengecas 2 buah aki masing2 12v 5ah sekaligus, saya gunakan rangkaian paralel.
    Apa betul atau tidak rangkaian yg saya gunakan?
    Dan utk daya voltase yang di cangernya ap tetap menggunakan 12v atau di ubah ke 24v?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab. Memakai tegangan 12 Volt dengan rangkaian paralel

      Delete
  55. Mas kalau aki 100ah diparalelkan dengan 32 ah, kalau dipakai gimana jadinya? Apakah 32 ah duluan habis atau berbarengan habisnya dengan 100 ah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy belum pernah mencoba, tp klo secara analisa, yg kapasitas kecil akan habis lebih dahulu.

      Delete

Free xml sitemap generator