Thursday, October 8, 2015

Membuat Alat Setrum Aki Otomatis ala Fatih Battery Toko Aki Purwodadi



Sahabat Fatih Battery Toko Aki Purwodadi yang budiman, tulisan kali ini merupakan kelanjutan tidak langsung dari tulisan-tulisan saya sebelumnya. Baik itu tentang cara membuat alat setrum aki sederhana, menggunakan cas aki parallel atauseri, juga cara menggunakan alat setrum aki. Ya, kali ini saya ingin berbagi cara membuat alat setrum aki otomatis.
Pada session sebelumnya tentang cara membuat battery charger sederhana, sudah saya berikan skema sederhananya, yang hanya terdiri dari transformator atau trafo dan diode brigde. Ada yang dirasakan kurang dalam rangkaian tersebut. Karena kita seringkali menginginkan yang serba otomatis kan? :) Kita akan semakin mengalami masalah ketika kita menggunakan setrum aki parallel dengan trafo yang besar, semisal 50 Ampere. Arus sebesar itu sangat terlalu besar untuk sebuah aki. Karenanya diperlukan sebuah pengendali arus keluarannya.
Dari usaha googling dengan keyword rangkaian setrum aki otomatis atau dengan keyword automatic battery charger, akan kita temui banyak skema rangkaian dari yang sederhana sampai dengan yang sangat rumit. (dan saya tidak paham yang rumit - rumit … hehehe…). Dari skema – skema itu kita bisa menentukan pilihan sendiri, mau pilih yang mana?
Kalau saya sendiri, memilih skema rangkaian setrum akai otomatis yang sederhana, tetapi maksimal dan tepat guna. Rangkaian yang saya pilih adalah dari accubatt.com sebagai berikut.



Dari skema di atas bisa kita lihat, komponen intinya ada pada; trafo, diode, dan SCR / triac. Trafo sebagai penurun tegangan, (rectifier) diode sebagai penyearah, dan scr sebagai regulator arus listrik. Dengan ketiga komponen dasar tersebut, kita bisa menggunakan trafo dengan kapasitas besar seperti 50 Ampere. Kita tinggal menyesuaikan dengan ukuran diode dan SCR. Semakin besar tarfo yang kita gunakan maka diode dan scr juga harus semakin besar. Contohnya; trafo 50ampere menggunakan diode 70HF120 dan SCR 80RIA120.
Demikian tulisan Fatih Battery Toko Aki Purwodadi tentang cara membuat setrum aki otomatis, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. mau tanya mas Fairuz, apakah bisa menggunakan accu yg sedang di charging, misalnya sendang charging tetapi accu jg di gunakan untuk menghidupkan lampu, seperti di kendaraan accu di charging tetapi digunakan untuk lampu kendaraan, jika bisa apa yg di perlukan untuk itu, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pak Burhan, jika memang kondisinya darurat. jika tdk darurat sebaiknya tidak dilakukan, krn memperlambat pengisian. semoga bermanfaat

      Delete

Free xml sitemap generator