Monday, October 26, 2015

Tips Merawat Aki Yuasa Menurut Fatih Battery Toko Aki Purwodadi



Kali ini Fatih Battery Toko Aki Purwodadi ingin menyampaikan tips merawat aki Yuasa, sebagaimana tercantum di dalam website resmi penyalur aki Yuasa. Ada beberapa hal yang dimungkinkan menjadi penyebab aki kendaraan kita menjadi cepat soak (under charge). Perawatan berkala pada kendaraan kita, ternyata mempengaruhi usia aki pada kendaraan kita. Agar aki Yuasa kita berusia normal, berikut adalah tips merawat aki Yuasa kita.

1.      Air Aki perlu dilakukan pengecekan secara berkala.
Kelalaian kita untuk menambah air aki bilamana aki tersebut telah berkurang. (sebagian cairan elektrolitnya karena faktor penguapan)
2.      Altenator (dynamo ampere) perlu dicek secara berkala.
Kelainan pada komponen sistem pengisian listrik (Charging System) kendaraannya, karena tidak pernah dikontrol apakah masih berfungsi dengan baik setelah kendaraan dipakai sekian lama, juga menyebabkan aki cepat soak.
3.      Accu Xuur yang digunakan hendaknya menggunakan yang standar baik berat jenis maupun pengotoran logam (Fe, Cl, dll).
4.      Rawatlah aki kendaraan secara berkala dan sesuaikan beban pada aki bila ada penambahan atau penggatian aksesoris listrik pada kendaraan, semisal power amplifier sound system.
5.      Hindari menyalakan mesin (men-stater) hingga berulang kali. Apabila mesin tetap tidak mau hidup walaupun telah dicoba 3 kali, hubungi segera bengkel kesayangan anda. Ingat jangan ambil resiko.
 
Source : mobilkomersial.com

Adapun hal-hal yang perlu kita pahami dalam dunia per-aki-an adalah sebagai berikut :
1.      Semua aki akan mengalami penurunan kapasitas/self discharge walaupun aki tersebut tidak digunakan,
2.      Aki konventional akan mengalami self discharge 3x lebih besar dari aki MF.
3.      Temperatur lingkungan sangat mempengaruhi besarnya self discharge.
4.      Secara periodik Aki MF perlu perawatan charging, semisal men-cas aki di Fatih Battery Toko Aki Purwodadi. J

No comments:

Post a Comment

Free xml sitemap generator