Thursday, July 11, 2019

Cara Merawat Aki Mobil Elf dengan Variasi

Assalamu'alaikum Sobat Fatih. Selamat pagi semuanya.
Pagi ini Fatih Toko Aki Purwodadi akan berbagi cerita tentang cara merawat aki mobil elf dan sejenisnya yang menggunakan variasi tambahan.

Jadi ceritanya, Fatih Toko Aki Purwodadi di suatu senja -asyeek- dihubungi oleh seorang anggota kepolisian Satuan Reskrim. Wow mengerikan! Hehehe... Kirain urusan apa, ternyata diminta untuk mengecek keadaan aki ambulance nya. Karena sudah beberapa waktu nganggur tidak sempat dipanasi disebabkan banyak nya agenda yang harus beliau laksanakan.

Setelah bincang-bincang (melalui WA) akhirnya kami janjian di Pos Ronda, eh salah, janjian di Pos Pengamanan. Pesan beliau, kalua sudah sampai di depan Pos segera menghubungi beliau. Oiya, nama beliau adalah Pak Basori, kita sebut saja Ndan Basori.

Singkat kata, kami ketemuan dan saya diantar untuk mengecek aki mobil elf yang ada dalam tanggung jawabnya. Langsung saja Fatih Toko Aki Purwodadi beraksi. Treng treng treng! Pertama yang dilakukan adalah membuka penutup aki mobil elf yang ada di bagian bawah pintu belakang. Langkah berikutnya adalah mengecek masing-masing aki mobil elf tersebut, karena mobil elf menggunakan 2 (dua) buah aki. 

Pengecekkan Tegangan Aki Mobil Elf
Dari hasil pengecekan, diketahui bahwa salah satu aki mobil elf tersebut dalam kondisi drop banget. Tegangan terukur hanya pada angka 2 Volt saja. Sementara aki yang satunya lagi dalam keadaan bagus. Akhirnya diambil tindakan, aki mobil elf tersebut harus di-charge sampai kondisi full kembali.

Analisa dari Fatih Toko Aki yang disampaikan kepada Ndan Basori adalah, pada aki yang mengalami drop tegangan tersebut karena dipasangi piranti / variasi tambahan yang mungkin selalu membutuhkan tegangan. Mengingat Mobil Elf tersebut digunakan sebagai mobil tahanan kepolisian.

Solusinya jika ingin aki dalam keadaan awet (tidak drop) perlu ditambahkan saklar pemutus pada piranti/variasi tersebut. Atau paling mudah, jangan lupa mobilnya dipanasi ya Ndan. hehehehe…


Setelah dilakukan perawatan semalam, aki mobil elf tersebut kembali normal. Alhamdulillah. Pagi harinya dilakukan pemasangan, dan, jreng! Mobil kembali hidup normal dan bahagia selamanya. Wkwkwk.

Demikian kisah indah yang bisa Fatih Toko Aki bagikan, semoga bermanfaat. Dan tidak lupa ucapan terima kasih kepada Ndan Basori atas tip yang diberikan melebihi harga yang Fatih Toko Aki minta. Semoga Allah memberikan balasan yang lebih baik dan lebih banyak. Aamiin.

Wassalamu'alaikum.

1 comment:

Free xml sitemap generator